PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN UNSUR BAHASA ARAB

  • Noza Aflisia IAIN Curup
  • Asri Karolina IAIN Curup
  • Eka Yanuarti IAIN Curup
  • Muhammad Raihan IAIN Curup
Keywords: Kahoot; Ashwat; Mufradat; Tarakib

Abstract

Pelajaran Bahasa Arab memiliki banyak cabang dan pembahasan. Diantara yang harus dipahami oleh seorang pelajar Bahasa Arab adalah komponen atau unsur dari Bahasa Arab itu sendiri. Agar pembelajaran tidak menjadi membosankan aplikasi kahoot bisa menjadi solusi yang bisa diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan melalui tahapan mengumpulkan data, mengidentifikasi, memahami, menganalis dan menentukan bentuk evaluasi unsur Bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi kahoot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot dalam evaluasi unsur Bahasa Arab dapat dilihat dari unsur Ashwat,, unsur Mufradat, dan unsur Tarakib. Kelebihan dari penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran adalah peserta didik menjadi termotivasi dalam belajar, meminimalisir contek-mencontek, dan mempermudah guru dalam mengevaluasi dan memberi nilai. Sedangkan kekurangan dari penggunaan aplikasi kahoot ini dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah tidak bisa dijalankan apabila ada gangguan jaringan internet ataupun tidak ada jaringan sama sekali, dan guru perlu trik tersendiri, dalam mengintrol peserta didik ketika tes dijalankan.

Published
2020-01-21