PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN UNSUR BAHASA ARAB
Abstract
Pelajaran Bahasa Arab memiliki banyak cabang dan pembahasan. Diantara yang harus dipahami oleh seorang pelajar Bahasa Arab adalah komponen atau unsur dari Bahasa Arab itu sendiri. Agar pembelajaran tidak menjadi membosankan aplikasi kahoot bisa menjadi solusi yang bisa diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan melalui tahapan mengumpulkan data, mengidentifikasi, memahami, menganalis dan menentukan bentuk evaluasi unsur Bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi kahoot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot dalam evaluasi unsur Bahasa Arab dapat dilihat dari unsur Ashwat,, unsur Mufradat, dan unsur Tarakib. Kelebihan dari penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran adalah peserta didik menjadi termotivasi dalam belajar, meminimalisir contek-mencontek, dan mempermudah guru dalam mengevaluasi dan memberi nilai. Sedangkan kekurangan dari penggunaan aplikasi kahoot ini dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah tidak bisa dijalankan apabila ada gangguan jaringan internet ataupun tidak ada jaringan sama sekali, dan guru perlu trik tersendiri, dalam mengintrol peserta didik ketika tes dijalankan.
Authors who publish with AL-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).