PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM RANGKA MENGHADAPI ERA DESRUPTIF 4.0 DIKALANGAN MILENIAL
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukan mahasiswa bahasa arab yang masih memiliki masalah dalam memahami pembelajaran bahasa arab, salah satu penyebabnya adalah pendekatan yang digunakan dosen kurang menarik perhatian. Adapun upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan model pembelajaran yang menarik dan bersifat kekinian, model pembelajaran quantum learning menjadi salah satu pendekatan yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran bahasa arab, dengan memanfaatkan musik dan video diharapkan mahasiswa dapat lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran bahasa arab.
Penelitian ini menggunakan metode kulitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa bahasa arab semester 3 UIN Imam Bonjol Padang, dengan treatmen 2 kali siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa arah khusus nya maharah kalam pada mahasiswa uin imam bonjol jurusan bahasa dan sastra arab dengan menggunakan model quantum learning
Authors who publish with AL-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).