PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM RANGKA MENGHADAPI ERA DESRUPTIF 4.0 DIKALANGAN MILENIAL

  • Meliza Budiarti
Keywords: Maharah Kalam , Quantum Learning, Kaum Milenial

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukan mahasiswa bahasa arab yang masih memiliki masalah dalam memahami pembelajaran bahasa arab, salah satu penyebabnya adalah pendekatan yang digunakan dosen kurang menarik perhatian. Adapun upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan model pembelajaran yang menarik dan bersifat kekinian, model pembelajaran quantum learning menjadi salah satu pendekatan yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran bahasa arab, dengan memanfaatkan musik dan video diharapkan mahasiswa dapat lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran bahasa arab.  

Penelitian ini menggunakan metode kulitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa bahasa arab semester 3 UIN Imam Bonjol Padang, dengan treatmen 2 kali siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa arah khusus nya maharah kalam pada mahasiswa uin imam bonjol jurusan bahasa dan sastra arab dengan menggunakan model quantum learning

Published
2020-01-21