Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA) http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla Prosiding Bahasa Arab en-US nozaaflisia@iaincurup.ac.id (Noza Aflisia) naflisia@gmail.com (-) Wed, 22 Jan 2020 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN UNSUR BAHASA ARAB http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/8 <p>Pelajaran Bahasa Arab memiliki banyak cabang dan pembahasan. Diantara yang harus dipahami oleh seorang pelajar Bahasa Arab adalah komponen atau unsur dari Bahasa Arab itu sendiri. Agar pembelajaran tidak menjadi membosankan aplikasi kahoot bisa menjadi solusi yang bisa diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan melalui tahapan mengumpulkan data, mengidentifikasi, memahami, menganalis dan menentukan bentuk evaluasi unsur Bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi kahoot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot dalam evaluasi unsur Bahasa Arab dapat dilihat dari unsur <em>Ashwat,, </em>unsur <em>Mufradat, </em>dan unsur <em>Tarakib</em>. Kelebihan dari penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran adalah peserta didik menjadi termotivasi dalam belajar, meminimalisir contek-mencontek, dan mempermudah guru dalam mengevaluasi dan memberi nilai. Sedangkan kekurangan dari penggunaan aplikasi kahoot ini dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah tidak bisa dijalankan apabila ada gangguan jaringan internet ataupun tidak ada jaringan sama sekali, dan guru perlu trik tersendiri, dalam mengintrol peserta didik ketika tes dijalankan.</p> Noza Aflisia, Asri Karolina, Eka Yanuarti Copyright (c) 2020 Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA) http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/8 Tue, 21 Jan 2020 00:00:00 +0000 PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB APLIKATIF http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/6 <p>Menulis Arab merupakan keterampilan yang dianggap “sulit” bagi para pembelajar bahasa Arab. Hal ini karena keterampilan menulis menuntut perbendaharaan kata yang banyak, struktur yang sesuai dan ungkapan yang bervariasi. Untuk mengatasi kesulitan menulis dalam bahasa Arab dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang aplikatif. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa pembelajaran kemahiran menulis yang aplikatif dalam beberapa buku pembelajaran bahasa Arab. Hasil kajian dari tulisan ini bahwa beberapa buku pembelajaran bahasa Arab telah menyajikan pembelajaran kemahiran menulis secara aplikatif, diantaranya pada buku <em>al-’Arǎbiyyah al-Mu’ǎshirah</em><em> dan al ‘Arabiyah baina yadaik. </em></p> Rini Rini Copyright (c) 2020 Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA) http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/6 Tue, 21 Jan 2020 00:00:00 +0000 PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM RANGKA MENGHADAPI ERA DESRUPTIF 4.0 DIKALANGAN MILENIAL http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/4 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukan mahasiswa bahasa arab yang masih memiliki masalah dalam memahami pembelajaran bahasa arab, salah satu penyebabnya adalah pendekatan yang digunakan dosen kurang menarik perhatian. Adapun upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan model pembelajaran yang menarik dan bersifat kekinian, model pembelajaran <em>quantum learning </em>menjadi salah satu pendekatan yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran bahasa arab, dengan memanfaatkan musik dan video diharapkan mahasiswa dapat lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran bahasa arab. &nbsp;</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode kulitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas<em>. </em>Subjek penelitian ini adalah mahasiswa bahasa arab semester 3 UIN Imam Bonjol Padang, dengan treatmen 2 kali siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa&nbsp; terdapat peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa arah khusus nya maharah kalam pada mahasiswa uin imam bonjol jurusan bahasa dan sastra arab dengan menggunakan model quantum learning</p> Meliza Budiarti Copyright (c) 2020 Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA) http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/4 Tue, 21 Jan 2020 00:00:00 +0000 أساليب تعليم اللغة العربية الحديثة ووسائله في عصر الصناعي الرابع http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/7 <p>كما عرفنا أن اللغة العربية من اللغات التي يتعلمها كثير الطلبة في العالم بل في الإندونيسيا. واللغة العربية يتكون من العلوم المتنوعة قواعدا كانت أو بلاغية. ولذ، ينبغى على المدرس أن يفهم الطريقة والوسائل لتعليم اللغة العربية حتى يفهموها بالسهولة ومسرورةز</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; وفي عصر الصناعة 4.0، يستطيع المدرس أن يختار الوسائل الحديثة في تعليم اللغة العربية. الوسائل الحديثة التي يستعملها كثير جدا، مثل المحمول. لأن الأن، قد رأينا أن معظم الطلبة يستفيدون المحمول كل يوم بلعبونه كل وقت. ومن الأحسن، يجعل المدرس المحمول وسيلة لتعليم العربية، لأن فيه المعلومات والتطبيقات المستفدة لدى الطلبة.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; ومن مهمات هذه الكتابة المعلومات المتعلقة بطريقة التعليم الحديثة وأساليبه، فهي أن نجاح المدرس في عملية التعليم والتعلم حسبما اختار طريقة التدريس أو أساليبه. وفي زمن الأن يوجد أساليب تدريس اللغة الحديثة التي يمكن المدرس استخدامها في التعليم، مثل أسلوب التعلم السياقي وغير ذلك</p> M. Arif Mustofa Copyright (c) 2020 Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA) http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/7 Tue, 21 Jan 2020 00:00:00 +0000 تطبيق طريقة المحادثة في تعليم الكلام اللغة العربية http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/5 <p>إن اللغة العربية مهمة في حياتنا لأن اللغة هي أداة الاتصال المحادثة والتكلم، واللغة أيضا أداة الاتصال بين مجموعة من الجنس البشري ووسيلة التفاهم بينهم، وتبدوا هذه الأهمية واضحة حين تعيش فترة من الزمن في مجتمع لانعرف لغته بأننا في عزالة تامة عن هذا المجتمع.</p> <p>المـحادثة هى وسيلة التعبير الإنسانى عن الأفكار وخوالج النفس عن طريق جهاز النطق لتوصيلها من مرسل إلى متلق فى مجتمع ما وفقا لنواميس اللغة التى يتفاهم بها أبناء ذلك المجتمع، ولما احتاج الإنسان إلى تسجيل هذه الرسائل المنطوقة للرجوع إليها عند الحاجة أو لنقلها إلى مكان بعيد حيث يوجد المتلقي كانت الرموز الخطية.</p> <p>الكلمات الرئيسة: طريقة المحادثة، مهارة الكلام، اللغة العربية</p> Siti Shalihah Copyright (c) 2020 Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA) http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/5 Tue, 21 Jan 2020 00:00:00 +0000